5 Cara Menghasilkan Uang dari Menulis Artikel

 

Cara Menghasilkan Uang dari Menulis Artikel

Jika Tetangganet memiliki hobi menulis, Tetangganet bisa mendapatkan penghasilan sampingan dari menulis artikel. Berikut cara menghasilkan uang dari menulis artikel.

Assalamu’alaykum, Tetangganet, bagaimana kabarnya hari ini? Saya sering mendengar berita tentang ketidakstabilan ekonomi akhir-akhir ini. Saya turut merasa prihatin kepada orang-orang yang terdampak PHK. Semoga Tetangganet dimana pun berada, selalu dalam keadaan baik dan berkecukupan.

Kabar tentang PHK massal memang bisa membuat hati kita ketar-ketir. Terutama, bagi karyawan-karyawan swasta yang perusahaannya menunjukkan tanda-tanda penurunan performa. Apalagi jika bekerja di perusahaan tersebut adalah satu-satunya sumber pemasukan keluarga.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kita mulai berpikir bagaimana caranya melakukan diversifikasi sumber pendapatan. Tujuannya agar mendapatkan stabilitas ekonomi keluarga yang lebih baik. Jadi, ketika ada salah satu sumber penghasilan yang tiba-tiba berhenti, kita tetap memiliki cadangan pemasukan dari sumber yang lain.

Tetangganet mungkin sudah banyak yang mulai membuka usaha sampingan. Berjualan makanan kecil, misalnya. Atau menjadi reseller pakaian anak. Atau jadi affiliate Shopee?

Jika Tetangganet memiliki bakat menulis, Tetangganet bisa juga mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara menulis artikel.

Emang bisa? Bagaimana caranya?

Bisa, dong. Yuk, kita bahas!


Cara Menghasilkan Uang dari Menulis Artikel

Ada banyak cara menghasilkan uang dari menulis artikel. Berikut ini saya bagikan beberapa di antaranya. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda, baik dari segi prasyarat maupun jenis artikel yang kita tuliskan. Oleh, karena itu perlu kita pelajari satu persatu.

1. Menjual Jasa Menulis Review Produk atau Jasa di Blog Pribadi

Menulis di blog pribadi memiliki banyak keuntungan. Selain bebas berekspresi melalui tulisan, Tetangganet juga bisa menghasilkan uang dari memberikan jasa menulis review produk atau jasa di blog pribadi.

Siapa saja berkesempatan memiliki blog pribadi dan menghasilkan uang. Contoh saja, Mom Queen, seorang ibu rumah tangga yang mendapatkan penghasilan dari memberikan jasa review, guest post, jasa menulis artikel, dan jasa pemasangan banner di website. Bahkan, bukan hanya mendapatkan uang. Melalui jasa menulis review di blog, Mom Queen juga membantu UMKM yang ada di sekitarnya. MasyaAllah, ya…

Tetangganet bisa mendapatkan klien yang ingin produk atau jasanya direview melalui beberapa cara. Berikut beberapa di antaranya:
  1. Melalui kontak langsung pemilik blog (karena itu sertakan informasi kontak di blognya ya)
  2. Dari manajemen bloger
  3. Dari komunitas bloger
  4. Dari referensi teman atau klien sebelumnya
  5. Dari platform job seperti seedbacklink, rajabacklink, dan backlink.co.id

2. Memasang Iklan Adsense di Blog Pribadi

Jika blog pribadi Tetangganet sudah memiliki banyak artikel dan pengunjung, Tetangganet bisa mengajukan pendaftaran untuk memasang iklan Google Adsense. Memang penghasilan dari Google Adsense tidak bisa langsung cair. Butuh konsistensi agar pengunjung yang datang semakin banyak. Namun, semakin banyak artikel berkualitas yang kita tulis di blog kita, semakin besar peluang mendapatkan penghasilan yang besar juga.

Jangan lupa juga untuk mengatur iklan yang muncul, agar sesuai dengan value blog kita. Dengan demikian, pembaca akan semakin betah.

3. Menulis Artikel untuk Platform Blog dan Berita

Selain menulis di blog pribadi, Tetangganet juga bisa mencoba menulis di platform blog maupun berita. Berikut ini beberapa website yang memberikan upah kepada penulis artikel lepas:
  1. IDN Times
  2. Brilio
  3. Detik.com
  4. Brisik.id
  5. BasaBasi.co
  6. Kompasiana
  7. Mongabay.co.id
  8. Mojok.co
  9. Sribu.com
  10. Medium
Tentunya untuk bisa dipublikasikan pada platform-platform di atas, tulisan akan diseleksi terlebih dahulu. Beberapa situs juga mensyaratkan minimal jumlah pengunjung sebelum saldo bisa dicairkan.

4. Mengikuti Lomba Menulis

Memenangkan lomba menulis, bukan hanya akan memberikan Tetangganet hadiah uang, tetapi juga dapat membuktikan kualitas tulisan Tetangganet.

Tetangganet bisa mendapatkan informasi lomba dari media sosial maupun dari komunitas. Oleh karena itu, saya sarankan Tetangganet bergabung ke komunitas-komunitas menulis. Ikuti juga media sosial yang mengunggah info tentang lomba menulis. Contohnya, beberapa akun media sosial berikut:
  1. Instagram @infolombamenulis
  2. Instagram @kabarlomba_com

5. Menulis Artikel untuk Orang Lain

Tetangganet juga bisa mendapatkan uang dari menulis artikel untuk orang lain. Biasanya untuk blog atau website orang lain. Bahkan ada juga marketplace untuk ini.

Kita bisa memasang penawaran di marketplace untuk jasa freelance seperti ini. Lalu pembeli akan membeli artikel dari platform yang sama.

Berikut ini beberapa platform marketplace tempat kita bisa menjual jasa menulis artikel:
  1. Upwork
  2. Fiverr
  3. iWriter
  4. Freelancer
Jika Tetangganet perhatikan, situs-situs di atas rata-rata menawarkan jasa penulisan artikel berbahasa Inggris. Harga yang ditawarkan juga relatif lebih tinggi daripada menulis artikel dalam Bahasa Indonesia. Maka dari itu, yuk kita tingkatkan terus kemampuan kita dalam berbahasa Inggris!


Tips Menghasilkan Uang dari Menulis Artikel

Jika ingin rezeki yang terus mengalur dari jalur menulis artikel ini, Tetangganet tidak cukup hanya dengan mendaftar pada platform-platform di atas. Tentunya ada tips agar klien puas dengan hasil tulisan kita. Berikut ini beberapa tips yang bisa Tetangganet praktikkan agar rezeki dari menulis ini tetap lancar.

1. Tetaplah Menulis Walaupun Tidak Ada Orderan

Orderan sedang sepi, nih! Tapi bukan berarti kita berhenti menulis. Justru dengan semakin banyak menulis artikel-artikel yang organik (tidak berbayar), kita bisa memperkuat branding dan kemampuan kita menulis. Artikel-artikel tersebut dapat menjadi portofolio kita jika suatu saat nanti ada klien yang berminat untuk memakai jasa kita.

Tetangganet bisa mempublikasikan tulisan-tulisan tersebut di blog pribadi maupun sosial media seperti medium.

Percaya deh, suatu saat nanti akan datang tawaran kerjasama bertubi-tubi. Kalau kata Mom Queen, “Buatlah postingan bertubi-tubi, ada masanya job datang tida henti.”

2. Perhatikan Detail-detail Ketentuan Penulisan yang Diberikan Klien

Ketika kita sudah sepakat dengan klien, berikan usaha maksimal kita dalam menulis. Terutama detail-detail ketentuan penulisan yang diinginkan klien. Ketentuan ini bisa berupa jumlah kata, kata kunci, external link, gambar, dan lain sebagainya. Perhatikan juga tata bahasa, kesesuaian dengan EYD, dan pilihan kata. Jangan sampai ada detail yang terlewat, deh! Dengan demikian, klien akan merasa puas. Siapa tahu, klien akan menawarkan kerjasama lagi di masa depan atau merekomendasikan Tetangganet kepada calon klien lain.

3. Terus Belajar dan Tingkatkan Kemampuan

Jangan merasa cepat puas dengan yang telah kita capai. Selalu perdalam ilmu tentang menulis. Tetangganet bisa mengikuti kelas-kelas menulis, baik yang berbayar maupun gratisan. Lebih baik lagi, jika Tetangganet perdalam salah satu niche khusus. Hal ini akan meningkatkan personal branding kita dan menjadikan kita lebih standout daripada penulis-penulis lain.

Jika Tetangganet ingin mendalamo menulis blog, Tetangganet juga perlu belajar mengenai Search Engine Optimization (SEO) dan riset kata kunci. Dua keahlian ini akan menjadikan Tetangganet penulis konten blog yang lebih mumpuni. Tentunya, kenaikan tarif per artikel juga akan mengikuti.

4. Aktif Bergabung dengan Komunitas

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan berjejaring. Kita bisa mempelajari ilmu-ilmu baru. Selain itu, ada banyak peluang-peluang seperti job menulis review atau lomba yang dibagikan di grup-grup komunitas menulis seperti ini.

Ketika sudah bergabung dengan komunitas, kita juga harus jadi anggota aktif ya. Jangan hanya selalu menjadi silent reader. Aktif ikuti kegiatannya. Aktif bertanya dan berbagi info. Berikan impresi yang baik kepada siapa pun, termasuk anggota komunitas yang lain.

Berikan komentar positif, doakan “Baarakallah,” ketika ada anggota lain sedang mendapatkan rezeki. Siapa tahu, ada yang mendoakan kembali dan mengamininya. Aamiin.

5. Perkuat Personal Branding

Salah satu cara untuk memperkuat personal branding adalah konsistensi. 
Tentukan sebuah niche yang spesifik. Kemudian, rutinlah menulis pada niche tersebut. Misalnya saja, Tetangganet ingin spesifik membahas mengenai keuangan, maka rutinkan untuk selalu menulis tentang keuangan. 
Maka, ketika orang melihat tulisan Tetangganet, akan langsung mengasosiasikan persona Tetangganet sebagai penulis tentang keuangan. Pembaca yang ingin mempelajari tentang keuangan, bisa langsung mengunjungi blog atau media sosial Tetangganet. 
Demikian juga dengan calon klien, akan yakin bahwa kata-kata Tetangganet tentang keuangan akan selalu dipercaya oleh banyak orang.

Kesimpulannya, ada banyak cara menghasilkan uang dari menulis artikel. Tetangganet bisa memilih platform yang Tetangganet kehendaki. Selain itu, saya juga sudah memberikan beberapa tips agar penghasilan dari menulis bisa terus meningkat. Bagaimana, Tetangganet? Sudah siap menghasilkan uang dari menulis artikel?

5 Komentar

  1. Sejak menekuni dunia blogging, saya sudah mendapat banyak sekali manfaat. Demikian juga sudah mendapat beberapa job dari brand untuk mereview produknya.

    BalasHapus
  2. Waah info yang menarik niih terutama nomor 3 yang bisa membuat pengalaman lebih bertambah dan kemampuan menulis lebih terasah

    BalasHapus
  3. Masya Allah terima kasih atas infonya, mbak. Peluangnya ternyata banyak banget ya. Tinggal kitanya mau meng upgrade kemampuan atau tidak. Bismillah sedang berusaha utk terus konsisten menulis dan membangun branding diri sebagai mom blogger. Semoga sampai di titik bisa mendapatkan banyak penghasilan dari menulis. Aamiin

    BalasHapus
  4. Bangun personal branding dengan konsisten berkarya, hihi, ini sih yang lagi aku bangun. Belum berani ambil job nulis karena masih banyak yang harus diperbaiki, pelan-pelan deh. Nanti kalau sudah siap bakal praktekin deh yang tertulis di artikel ini, mampir ke marketplace, pasang iklan, dst. Bismillah, semangat berjuaang :)

    BalasHapus
  5. Wah, ternyata hobi menulis bisa jadi cuan ya... Aku sih selama ini menulis murni sebagai hobi. Mulai menulis artikel hingga menulis cerita fiksi. Makasih kak, akan aku pelajari lagi deh artikel ini...

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar, tapi bukan link hidup ya