21 Cara Mengisi Waktu Luang Agar Tidak Bosan

 

Kegiatan positif untuk menghilangkan kebosanan

Berada di rumah terus-menerus mungkin terlihat membosankan. Namun, jika kita tahu cara mengisi waktu luang agar tidak bosan, kita pun bakal betah walaupun di rumah saja seharian. Pada artikel ini, saya akan memberikan beberapa cara mengisi waktu luang agar tidak bosan.
Assalamu’alaykum, Tetangganet, apakah Tetangganet sering merasakan bosan ketika seharian saja di rumah? Setelah saya resign dari pekerjaan formal dan stay di rumah saja, banyak di antara teman-teman saya yang menanyakan,”Di rumah ngapain aja? Betah sendirian di rumah? Apa nggak bosan?”

Hmm.. Bagaimana jawabnya, ya? Enggak, tuh!

Bosan biasanya terjadi ketika kita melakukan kegiatan yang terlalu repetitif. Kita juga bisa merasa bosan ketika memiliki waktu luang yang tidak diisi dengan kegiatan yang bermakna. Perasaan bosan tentunya bukan perasaan yang menyenangkan, bukan?

Manfaat Rasa Bosan

Tahukah, Tetangganet, sebenarnya rasa bosan itu ada manfaatnya?
Rasa bosan, sebenarnya adalah sistem peringatan dari tubuh kita bahwa kita perlu variasi kegiatan agar tubuh terus bergerak dan otak terus aktif.
Adik kecil saya sering mengeluh, "Bosan!" Itu artinya, dia membutuhkan stimulasi yang lebih.

Bahaya akan muncul ketika seseorang memilih mengusir rasa bosan dengan kegiatan-kegiatan yang negatif, seperti berghibah, merokok, melamun, atau melakukan kenakalan.

Bagaimana caranya supaya kita kita terhindar dari bujuk rayu kegiatan-kegiatan negatif di atas? Sebenarnya mudah, kok. Jika kita menyibukkan diri kita dengan kegiatan-kegiatan yang positif, kita nggak bakalan punya waktu untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang negatif.

Cara Mengisi Waktu Luang Agar Tidak Bosan

Jika Tetangganet butuh ide kegiatan untuk mengisi waktu luang, berikut saya paparkan 21 kegiatan positif yang bisa Tetangganet lakukan untuk mengisi waktu luang agar tidak bosan.

1. Menulis Blog Pribadi

Kalau Tetangganet senang menulis seperti saya, Tetangganet bisa mencoba untuk membuat blog pribadi. Tetangganet boleh menulis tentang apapun. Bisa tentang kehidupan sehari-hari, pengalaman hidup, film yang pernah ditonton, atau bahkan sekedar curhat sekalipun.

Jika Tetangganet dapat menulis artikel yang berkualitas, bahkan Tetangganet bisa menghasilkan uang dari artikel tersebut.

Blogging ini efektif untuk orang yang sebetulnya pengen ngomong banyak, tapi tidak ada partner untuk berbagi cerita. Apalagi dengan blog pribadi, tidak ada batasan jumlah kata yang bisa kita publikasikan.
 

2. Menulis Cerpen

Kalau Tetangganet suka berimajinasi, coba, deh, untuk menulis cerpen. Cerpen yang ditulis bisa dikirimkan ke media massa. Untuk konsumsi pribadi atau teman dekat pun tak masalah.

Tetangganet bisa mencari inspirasi dari cerita kehidupan sehari-hari. Seperti cerpen yang saya tulis, menceritakan tentang seorang ibu yang menunggu anaknya pulang kampung dan perjuangan sang anak agar bisa pulang kampung.

Jika ternyata cerpen Tetangganet disambut pembaca, Tetangganet bisa juga menuliskan cerita lanjutannya dalam sebuah novel, lho. Siapa tahu bisa jadi terbitan best seller!

3. Berkebun

Mana nih, Tetangganet yang suka dengan yang hijau-hijau? Sudah mencoba berkebun di pekarangan rumah, belum?

Berkebun banyak sekali manfaatnya. Salah satunya bisa menghilangkan stres, lho!

Tetangganet tidak perlu memiliki lahan yang besar untuk berkebun. Tanaman dapat ditanam di pot dan diletakkan di teras. Bahkan, Tetangganet dapat menanam tanaman yang memang ditujukan untuk dapat beradaptasi di dalam ruangan. Indoor house plant sedang banyak digandrungi dan bisa menjadi potensi bisnis untuk Tetangganet.

4. Mencoba Resep Baru

Luaskan khazanah cita rasa Tetangganet dengan mencoba memasak resep baru. Boleh buka-buka dari buku resep masakan, atau bisa juga cek di situs seperti cookpad, masakapahariini.com, atau dapurumami.com.

Para momblogger juga banyak, lho, yang membuat postingan tentang resep-resep andalan keluarga mereka. Saya sering menemukan resep-resep unik dari blog. Biasanya masakan khas daerah yang jarang ada di daerah asal saya.

5. Membuat Kerajinan Tangan

Membuat kerajinan tangan bisa jadi ide yang bagus untuk mengisi waktu luang. Apalagi jika kita memanfaatkan bahan atau barang bekas untuk kita upcycle menjadi barang yang lebih bermanfaat.

Saya pernah membuat apron dari rok yang sudah kekecilan. Karena roknya sudah tidak bisa dipakai lagi, saya memotongnya dan menambahkan strap dari kain yang sama. Memang membutuhkan waktu lama, tapi saya puas sekali dengan hasilnya.

6. Make Over Ruangan di Rumah

Kadang-kadang kita merasa suntuk dengan kondisi ruangan yang begitu-begitu saja. Kalau begitu, kenapa tidak kita make over sendiri saja? Menata ulang ruangan di rumah dapat memberikan efek yang menenangkan, lho. Pikiran jadi lebih fresh setelah ruangan ditata ulang.

7. Hunting foto

Jika Tetangganet sedang merasa bosan ketika di sore hari, coba deh, pergi keluar dan cari obyek yang menarik untuk difoto. Momen-momen golden hour, yaitu ketika pagi dan sore hari, adalah waktu yang tepat untuk mengabadikan apa yang dilihat mata kita dengan kamera.

Memang, jika foto diambil menggunakan kamera profesional, hasilnya bisa sangat bagus. Tapi hunting foto juga dapat dilakukan hanya dengan berbekal smartphone.

Tetangganet juga bisa menghasilkan uang dari menjual foto-foto tersebut ke situs seperti Shutterstock.

8. Berolahraga

Jika selama ini Tetangganet kesulitan menemukan waktu untuk berolahraga, mungkin ini waktunya Tetangganet memanfaatkan waktu luang yang ada untuk berolahraga.

Pilihlah jenis olahraga yang ringan dan mudah dilakukan. Olahraga seperti senam atau yoga dapat dilakukan di rumah dengan hanya berbekal alas dan video YouTube sebagai pemandu.

Sesuaikan ritme olahraga dengan kondisi tubuh. Jika sudah lelah, ya istirahat.

9. Membaca Buku

Ada berapa banyak buku Tetangganet yang sudah menunggu untuk dibaca? Terkadang, kita kalap ketika membeli buku, tapi tidak ada waktu untuk membaca semuanya, ya. Hihihi.. Saya pun begitu.

Nah, mumpung sedang senggang, yuk, kita mulai membaca! Pilihan tempat membaca yang nyaman, iringan lagu atau murotal yang damai, dan segelas teh hangat bikin kita betah membaca.

10. Belajar Bahasa Baru

Ingin bisa menonton drakor tanpa subtitle? Coba, deh, Tetangganet belajar bahasa Korea.

Belajar bahasa baru memberikan banyak manfaat. Selain memberikan stimulus yang baik ke otak, belajar bahasa baru juga memberikan pemahaman yang lebih baik pada kultur penutur aslinya.

Sekarang ini, ada banyak sekali platform yang memudahkan Tetangganet untuk belajar bahasa baru. Misalnya saja, aplikasi Cakap dan Duolingo.

Tetangganet bisa memilih bahasa yang membuat Tetangganet paling penasaran. Bahasa Korea, Jepang, Spanyol, Perancis, Arab, dan Mandarin adalah beberapa bahasa yang memiliki peminat yang tinggi.

Selingi dengan menonton video dengan bahasa yang sedang Tetangganet pelajari. Atau rencanakan liburan ke negara dengan bahasa yang sedang dipelajari. Pasti seru!

11. Video Call Keluarga atau Teman Lama

Lama tak bersua dengan keluarga atau teman lama? Inilah saatnya Tetangganet memanfaatkan teknologi untuk menjalin komunikasi kembali dengan mereka. Kirim pesan dan ajak mereka video call. Siapa tahu mereka sebenarnya juga sama-sama rindu atau sedang sama-sama bosan.

12. Menonton Film yang Menginspirasi

Bagi sebagian orang, waktu luang adalah saatnya menonton film. Bahkan, mereka sudah menyusun wishlist film apa saja yang mau ditonton ketika nanti mereka memiliki waktu luang.

Pilihlah film yang positif dan menginspirasi. Ajak teman atau anggota keluarga ikut menonton. Menonton film tidak harus di bioskop. Tetangganet bisa menonton film di rumah dengan nyaman, di platform legal seperti Netflix atau Disney+ Hotstar

13. Memelihara Hewan Peliharaan

Memelihara hewan peliharaan dapat menurunkan stres. Pilihlah hewan yang Tetangganet sukai dan mampu merawatnya setiap hari. Sesuaikan juga dengan kondisi rumah dan budget Tetangganet. Memelihara burung, kucing, atau ikan hias adalah beberapa opsi di antaranya.

14. Belajar Hal yang Baru

Hal apa yang selama ini ingin Tetangganet pelajari, tapi belum punya waktu?

Saat ini banyak sekali platform belajar gratis yang dapat Tetangganet manfaatkan untuk menambah skill. Coursera, Udemy, Skill Academy, dan SkillShare adalah beberapa di antaranya. Selain itu, Tetangganet juga dapat meningkatkan portofolio dengan mengambil program sertifikatnya.

Tetangganet juga bisa memilih kelas online yang diadakan oleh komunitas. Tetangganet dapat mencari infonya di media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Setelah resign, saya diajak untuk mengikuti kelas online yang diadakan oleh komunitas belajar zero waste oleh adik ipar saya. Alhamdulillah, banyak ilmu yang bisa saya dapatkan tentang pengolahan sampah dan juga bisa bergabung dengan komunitas belajar zero waste.

15. Mengundang Teman Memasak dan Makan Bersama

Ini yang dulu sering saya dan teman-teman saya lakukan ketika masih kuliah di Turki. Begitu ada kesempatan, kami akan berkumpul di rumah salah satu di antara kami untuk memasak dan makan bersama. Tak lupa kami minum teh Turki yang cara menyeduhnya khas sekali.

Memang membeli makanan jauh lebih praktis. Tetapi memasak bersama dapat mempererat hubungan persahabatan. Dengan banyaknya interaksi ketika menyiapkan makanan dan beres-beres setelahnya, kami dapat mengenal lebih dalam satu sama lain.

Jika ini belum menjadi kebiasaan Tetangganet, cobalah untuk mengundang beberapa orang teman untuk acara memasak dan makan bersama di rumah Tetangganet. InsyaAllah, kegiatan ini bisa mengusir kesepian di rumah Tetangganet.

16. Mencoba Bisnis Baru

Waktu luang dapat Tetangganet gunakan untuk merencanakan bisnis baru. Lumayan, kan, untuk menambah pemasukan keluarga.

Tetangganet bisa mulai dengan memikirkan bisnis apa yang dibutuhkan orang-orang di sekitar Tetangganet. Bisa juga dengan mengembangkan hobi Tetangganet menjadi sebuah bisnis.

17. Journaling

Merasa hidup begini-begini saja? Coba deh, journaling. Mulailah dengan menulis entry setiap hari. Tidak harus panjang. Menulis entry yang pendek pun boleh. Bebas kok, sesuai mood. Toh, hanya Allah dan diri kita sendiri yang tahu isi jurnal pribadi kita.

Tetangganet bisa menuliskan apa yang terjadi di hari itu. Bisa juga menuliskan apa yang dirasakan di hari itu. Atau apa yang sedang diinginkan di hari itu.

Setelah journaling selama bertahun-tahun, kita akan dapat melihat perkembangan diri kita. Apa yang dulu pernah kita inginkan, bisa jadi telah Allah kabulkan. Masalah apa yang dulu kita hadapi, yang sekarang menjadi keuntungan buat kita. Semua akan tercatat di jurnal kita. Jika tidak dicatat, biasanya kita lupa, bukan?

Dengan menulis jurnal, saya merasa lebih mudah bersyukur. Ketika bosan, saya baca kembali jurnal-jurnal tahun sebelumnya. Dari situ kemudian biasanya saya menemukan bahwa ternyata hidup saya tidak begitu-begitu saja.

18. Mendengarkan Podcast Bermanfaat

Belakangan ini podcast begitu populer di media sosial. Entah itu aplikasi suara seperti Spotify maupun aplikasi video seperti YouTube, semuanya menyajikan podcast-podcast dengan bermacam format.

Podcast yang edukatif bisa menambah pengetahuan kita dan memberikan kita kesadaran hidup yang lebih baik.

Kita bisa mendengarkan podcast sambil mengerjakan hal lain, seperti ketika sedang menyetrika, mencuci, atau memasak. Tapi tidak ada salahnya juga jika kita memang meniatkan untuk duduk sejenak, mendengarkan podcast, sambil menyeruput teh hangat.

19. Menggambar, Mewarnai, Melukis, atau Doodling

Menggambar, mewarnai, melukis, dan doodling bukan lagi hobi untuk anak-anak. Banyak, lho, orang dewasa yang mengisi waktunya untuk hobi ini. Sekarang juga banyak buku mewarnai yang khusus diperuntukkan untuk orang dewasa. Bedanya, orang dewasa akan diberikan tantangan mewarnai yang lebih detail.

20. Merawat Tubuh

Kalau kemarin-kemarin terlalu sibuk sampai tidak ada waktu untuk perawatan tubuh, sekaranglah saatnya memanjakan tubuh agar kembali segar.

Jika ada budget, Tetangganet dapat mendatangi fasilitas perawatan tubuh seperti spa atau salon kecantikan.

Namun, kita juga dapat melakukan perawatan di rumah kita sendiri. Misalnya dengan mandi air hangat sepuasnya, lalu melakukan perawatan kulit dengan skin care andalan.

21. Membaca dan Mempelajari Al Quran

Jika Tetangganet merasa suntuk dan bosan, coba deh buka kembali Al Quran-nya. Nggak harus membaca Arabnya jika Tetangganet sedang merasa malas. Membaca terjemahannya pun oke-oke saja.

Renungkan, apa sih yang sebetulnya Allah inginkan dari hidup kita?

Al Quran adalah panduan untuk manusia dari Penciptanya. Ibaratnya seperti buku manual ketika kita membeli barang baru. Pembuat barang tersebut sendiri yang menyusunnya untuk memberikan panduan bagaimana cara menggunakannya.

Mempelajari Al Quran memang membutuhkan waktu dan usaha. Ketika kita sedang luang, mari kita kembali lagi ke Al Quran agar hidup kita kembali terarah.

Bosan versus Lelah

Saya merasa perlu mengingatkan Tetangganet, ada perbedaan antara bosan dan lelah.

Tetangganet bisa menghilangkan rasa bosan dengan memberikan variasi kegiatan. Saya suka menselang-seling antara kegiatan fisik dan kegiatan berpikir. Misalnya, ketika saya bosan menulis, saya akan coba berkebun. Setelah mencuci piring, saya akan coba membaca buku. Dengan menvariasikan kegiatan, bisa jadi bisa lebih produktif.

Namun, jika pikiran dan badan sudah terasa lelah, mengantuk, dan ingin rebahan, ya sudah tidur saja. Asalkan tidak masuk ke waktu yang dilarang untuk tidur, ya!

Kesimpulan

Ada banyak cara mengisi waktu luang agar tidak bosan. Dua puluh satu cara yang saya paparkan di atas hanyalah beberapa dari banyak kegiatan yang bisa Tetangganet coba. Silakan tambahkan di kolom komentar, kegiatan apa yang suka Tetangganet lakukan ketika memiliki waktu luang?

0 Komentar